Ancaman Bagi Orang Yang Meninggalkan atau Menyepelekan Sholat

  Disukai 32
  Dilihat 21771
bacaan

sumber ilustrasi : Bebas
Diterbitkan : 22 November 2020 22:08
Sumber : Purwanto,S.Ag.,M.Pd.I Pengawas Sekolah Kemenag OKU Timur Sumatera Selatan
Penulis : Purwanto,S.Ag.,M.Pd.I

ANCAMAN BAGI ORANG YANG MENINGGALKAN SHOLAT

Berdasarkan hadis kudsi sebagai berikut

وَمَنْ تَهَاوَنَ بِاالصَّلَاةِ عَاقَبَهُ اللَّهُ بِخَمْسِ عَشَرَةَ عُقُوْبَةً سِتٍّ فِى الدُّنْيَاوَثَلَاثٍ عِنْدَالْمَوْتِ وَثَلَاثٍ عِنْدَدُخُوْلِهِ فِى الْقَبْرِوثَلَاَثٍ عِنْدَلِقَاءِرَبِّهِ (اَىْ مَوْقِفِ الْقِيَامَةِ) فَاَمَّااللَّوَاتِى فِى الدُّنْيَافَالْاُوْلَى تُنْزَعُ الْبَرَكَةُ مِنْ عُمْرِهِ , وَالثَّانِيَةُ تُمْحَى سِيَّمَا الصَّالِحِيْنَ مِنْ وَجْهِهِ وَالثَّالِثَةُ كُلُّ عَمَلٍ يَعْمَلُهُ لَا يُؤَاجِرُهُ اللَّهُ عَلَيْهَ وَالرَّابِعَةُ لَا يُرْفَعُ لَهُ دُعَاءٌ إِلَى السَّمَاءِوَالْخَامِسَةُ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ فِى دُعَاءِ الصَّالِحِيْنَ وَالسَّادِسَةُ تَخْرُجُ رُوْحُهُ بِغَيْرِاِيْمَانٍ وَأَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْمَوْتِ فَالْاُوْلَى أَنْ يَمُوْتَ ذَلِيْلًا وَالثَّانِيَةُ أَنْ يَمُوْتَ جَائِعًاوَالثَّالِثَةُ أَنْ يَمُوْتَ عَطْشَانَ وَلَوْسُقِىَ بِحَارِ الدُّنْيَامَارَوِىَ وَأَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ فِى الْقَبْرِ فَالْاُوْلَى يُضَيِّقُ اللَّهُ عَلَيْهِ الْقَبْرَ حَتَّى تَخْتَلِفَ أَضْلَا عُهُ وَالثَّانِيَةُ يُوْقَدُ عَلَيْهِ فِى قَبْرِهِ يَتَقَلَّبُ عَلَى الْجَمْرِ لَيْلًا وَنَهَارًا. وَالثَّالِثَةُ يُسَلَّطُ عَلَيْهِ فِى قَبْرِهِ ثُعْبَانٌ اسْمُهُ الشُّجَاعُ الْاَقْرَعُ يَضْرِبُهُ عَلَى تَضْيِيْعِ الصَّلَوَاتِ وَيَسْتَغْرِقُ تَعْذِيْبُهُ بِمِقْدَارِأَوْقَاتِ الصَّلَوَاتِ وَاَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ اِذَاانْشَقَّتِ السَّمَاءُيَأْتِيْهِ مَلَكٌ وَبِيَدِهِ سِلْسِلَةٌ ذَرْعُهَاسَبْعُوْنَ ذِرَاعًافَيُعَلِّقُهَافِى عُنُقِهِ ثُمَّ يُدْخِلُهَا فِى فِيْهِ وَيُخْرِجُهَامِنْ دُبُرِهِ وَهُوَيُنَادِىْ هَذَاجَزَاءُمَنْ يُضَيِّعُ فَرَائِضَ اللَّهِ . قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا : لَوْأَنَّ حَلَقَةً مِنَ السِّلْسِلَةِ وَقَعَتْ عَلَى الْاَرْضِ لَاَ حْرَقَتْهَا. اَلثَّانِيَةُ لَايَنْظُرُاللَّهُ اِلَيْهِ وَالثَّالِثَةُ لَا يُزَكِّيْهِ وَلَهُ عَذَابٌ اَلِيْمٌ . وَيُرْوَى أَنَّ أَوَّلَ مَايَسْوَدُّيَوْمَ الْقِيَامَةِ وُجُوْهُ تَارِكِى الصَّلَاةِ وَأَنَّ فِى جَهَنّمَ وَادِيًايُقَالُ لَهُ لَمْلَمُ فِيْهِ حَيَّاتٌ كُلُّ حَيَّةٍ بِثِخَنِ رَقَبَةِ الْبَعِيْرِ طُوْ لُهَامَسِيْرَةُ شَهْرٍ تَلْسَعُ تَارِكَ الصَّلَاةِ فَيَغْلِى سُمُّهَافِى جَسَدِهِ سَبْعِيْنَ سَنَةً يَتَحَرَّى لَحْمُهُ

Sabda Nabi SAW: “Barang siapa yang menyepelekan sholat (menggampangkan sholat), maka Allah akan menyiksanya dengan lima belas macam siksaan; enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika menjelang mati, tiga siksaan dialam kubur dan tiga siksaan ketika keluar dari alam kubur“. (Qurtubi(Qurratul ‘uyun: hlm.2)).

6 Macam Siksaan Ketika Di Dunia

1). Allah akan menghilangkan keberkahan dari umurnya;

2). Tanda kesholehannya akan dihapus oleh Allah dari keningnya;

3). Semua amalnya tidak akan diberi pahala oleh Allah SWT;

4). Allah SWT tidak akan mengangakat doanya ke langit;

5). Semua makhluk di dunia akan menyepelekannya;

6). Dia tidak akan mendapatkan bagian doanya orang-orang sholeh.

3 Macam siksaan Ketika Sakarotul maut yaitu:

1). Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan hina;

2). Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan lapar;

3). Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan haus, walau air lautan di dunia diminumkan kepadanya, maka tetap tidak akan pernah menghilangkan rasa haus dahaganya.

3 Macam Siksaan Ketika Berada Di Alam Kubur yaitu “

1). Kuburnya akan disempitkan oleh Allah dan dihimpitnya sampai tulang rusuknya hancur berantakan;

2). Didalam kuburnya akan dinyalakan api neraka, kemudian orang yang meninggalkan sholat siang malam, ia akan dipanggang dan dibolak-balikan diatas bara api tersebut;

3). Ular yang bernama Syuja’al-Aqro’ akan datang pada orang-orang yang meninggalkan sholat. Ular syuja’al aqro’ itu tercipta dari api neraka, kukunya terbuat dari besi, dan setiap kuku panjangnya seperti ukuran perjalanan satu hari

Ular itu akan berkata kepadanya : “Aku ini Syuja’al-Aqro’, suaranya bagaikan petir yang menyambar, dan ular itu berkata: “Tuhanku menyuruhku agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat shubuh dari shubuh sampai dzuhur, dan agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat dzuhur dari dzuhur sampai asar, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat asar dari asar sampai magrib, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat magrib dari magrib sampai isya, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat isya dari isya sampai shubuh. Ketika ular itu memukulnya satu kali pukulan, maka yang dipukulnya masuk kedalam tanah sedalam ukuran 70 hasta, lalu ular Syuja’al-Aqro’ memasukkan kuku-kukunya kebawah tanah dan kemudian mengeluarkannya kembali, dan siksaan itu tiada henti-hentinya sampai hari kiamat, maka kita mohon perlindungan kepada Allah dari siksa kubur.” (Qurtubi (Qurratul ‘uyun; hlm.4)).

3 Macam Siksaan Pada Hari Kiamat bagi orang yang meninggalkan sholat yaitu:

1. Allah akan menggabungkan bersama orang-orang yang diseret mukanya ke neraka Jahannam;

2. Allah akan melihatnya dengan pandangan yang benci atau murka pada waktu dihisab, sehingga daging mukanya meleleh berjatuhan;

3. Allah akan menghisabnya dengan hisaban yang sangat berat dan tiada guna atasnya dari kelebihan apapun untuk selama-lamanya, dan Allah memerintahkannya ke neraka sejelek-jelek tempat menetap

Do samping itu bahaya bagi orang yang meninggalkan sholat lima waktu yakni:

Jika meninggalkan sholat:

1). Shubuh : Maka Allah akan menenggelamkannya kedalam Neraka Jahannam selama 60 tahun. Jadi kurang lebih 60.000 tahun jika mengikuti hitungan di dunia. Karena 1000 tahun di dunia sama seperti 1 hari di akhirat.

2). Dzuhur : Yang meninggalkan sholat dzuhur sama seperti dosanya orang yang membunuh 1000 muslim.

3). Ashar : Seperti dosanya orang yang menghancurkan ka’bah.

4). Magrib : Sama seperti dosanya orang yang berzina dengan orangtuanya sendiri

5). Isya : Sesungguhnya Allah ta’ala berseru: “Hai orang yang meninggalkan sholat isya, bahwa Aku tidak ridho jika kamu tinggal dibumiKu dan menggunakan segala nikmat-nikmatKu, segala yang dikerjakan dan digunakan ialah berdosa kepada Allah SWT“.

Dalam surat al hijr ayat 42-43 Allah ta’ala berfirman :

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ

“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.

Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka. “

Tingkat neraka ke-1. Merupakan pintu neraka yang paling atas (pertama). Di dalamnya berisi umatmu (Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam) yang melakukan dosa-dosa besar dan tidak tobat sampai mereka meninggal dunia.

Tahukah kamu bahwa neraka jahanamKu itu: mempunyai 7 tingkat.

Setiap tingkat mempunyai 70.000 daerah. Setiap daerah mempunyai 70.000 kampung. Setiap kampung mempunyai 70.000 rumah. Setiap rumah mempunyai 70.000 bilik. Setiap bilik mempunyai 70.000 kotak. Setiap kotak mempunyai 70.000 batang pokok zaqqum.

Di bawah setiap pokok zaqqum mempunyai 70.000 ekor ular. Di dalam mulut setiap ular yang panjangnya 70 hasta mengandung lautan racun yang hitam pekat. Dan di bawah setiap pokok zaqqum terdapat 70.000 rantai. Setiap rantai diseret oleh 70.000 malaikat”.

“Api yang ada sekarang ini, yang digunakan bani Adam untuk membakar hanyalah 1/70 dari api neraka jahannam” (HR. Bukhari-Muslim). “Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka akan mendengar kegeraman dan suara nyalanya”. (QS. Al-Furqan: 11).

“Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya, mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak, hampir-hampir (neraka) itu terpecah lantaran marah”. (QS. Al-Mulk: 7).

Air di jahannam adalah hamim (air panas yang menggelegak), anginnya adalah samum (angin yang amat panas), sedang naungannya adalah yahmum (naungan berupa potongan-potongan asap hitam yang sangat panas) (QS. Al-Waqi’ah: 41-44).


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya