Belajar dan Berkarya Bersama Assemblr EDU

  Disukai
  Dilihat 659
bacaan

sumber ilustrasi : Assemblr EDU
Diterbitkan : 31 Mei 2022 21:34
Sumber : Pribadi
Penulis : SURYA NINGSI

Belajar dan Berkarya Bersama Assemblr EDU

(Surya Ningsi, S.Pd., M.Pd.)

 

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan selama masa pandemi covid-19 menuntut peningkatan kompetensi guru dan murid untuk dapat menggunakan aplikasi atau platform berbasis teknologi. Banyak platform atau aplikasi yang dapat digunakan mulai dari yang versi gratis sampai dengan yang berbayar. Salah satu versi gratis yang ditawarkan adalah penggunaan Assemblr. Assemblr merupakan produk asli buatan anak Indonesia yang telah mendunia. Selain digunakan di Indonesia, Assemblr ini juga telah banyak dimanfaatkan oleh guru di seluruh negara di dunia.

Kata Assemblr EDU mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta Augmented Reality (AR). Assemblr EDU merupakan inovasi berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar murid melalui pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa baik menggunakan objek dua dimensi atau tiga dimensi. Selain itu, fiturnya yang dilengkapi dengan anotasi, video dan musik serta teks sangat mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid.  Pengimplementasiannya dalam pembelajaran dapat dirancang secara interaktif sehingga mendorong keterampilan berpikir kirits murid. Bahkan, obyek 2D atau 3D yang ditampilkan atau diproyeksikan secara nyata menjadikan pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.

Namun, agar dapat memanfaatkan Assemblr EDU ini, pengguna atau guru disarankan untuk mendownload aplikasinya pada Play Store dan melakukan update jika pembaruan aplikasi tersedia. Sementara, untuk dapat memulai kreasi atau karya pertama menggunakan laptop/ HP, guru harus memiliki akun Assemblr. Caranya sangat mudah, hanya membutuhkan waktu maksimal 5 menit untuk mengisi data yang ada pada link: http://ace.asblr.com/ dengan memasukkan kode refferal: 5PQJI289EM. Selanjutnya, log in kembali pada link tersebut dengan menggunakan email dan password yang telah dibuat pada langkah awal.

Pada scene awal, guru akan menemukan marker area, dimana marker area ini merupakan tempat untuk meletakkan objek-objek yang diinginkan, dapat disesuaikan dengan minat, kreativitas, mata pelajaran yang diampu dan lain sebagainya. Bila tidak menemukan objek yang diinginkan, guru dapat mengajukan atau mengisi form pendaftaran obyek 3D kepada Tim Assemblr EDU.  Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bersama Assemblr. Untuk itu, Assemblr hadir dari guru dan untuk guru, selalu menerima saran, kritikan untuk pengembangannya.

Selain berkarya dan berkontribusi, guru juga dapat tergabung ke dalam Komunitas Pendidik Assemblr (Assemblr Certified Educator) yang disingkat ACE.  Syaratnya sangat mudah, ketika guru telah berkarya dan melaporkan hasil progres nya ke dalam link tadi, dan mengumpulkan poin minimal 100, maka akan mendapatkan email khusus dari Tim Asemblr EDU untuk mendapatkan tautan bergabung ke dalam grup komunitas. Dalam jenjang sebagai kontributor pada Assemblr, guru dapat memperoleh lencana sebagai inventor, explorer dan wizard. Dalam hal ini, setiap lencana yang diperoleh banyak juga manfaat yang dapat diperoleh. Jadi, tunggu apa lagi? Mari berkarya bersama Assemblr EDU.

#assemblrworld

#assemblredu

#assemblr

#DutaRumahBelajar2021

#gurubelajar

#guruberbagi

 


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya