Belajar Lebih Asyik dengan Canva (Nominasi Penghargaan Guru Inovatif Indonesia) – SMK IC Islamic Centre Brebes

  Disukai 5
  Dilihat 462
bacaan

sumber ilustrasi : canva.com
Diterbitkan : 22 Desember 2021 05:14
Sumber : https://indonesiabaik.id/infografis/8-platform-pembelajaran-jarak-jauh-solusi-social-distancing
Penulis : DEWI SETIARINI

Selama pandemi, pembelajaran di sekolah menggunakan metode daring (online). Tidak lain dengan sekolah Kami, SMK IC Islamic Centre di Kabupaten Brebes. Salah satu sekolah swasta yang masih merintis agar bisa maju dan berkembang. Sekolah dimana saya mengabdi saat ini. Dengan adanya belajar online, banyak sekali paltform yang menyediakan fasilitas untuk belajar online, seperti Rumah Belajar, Ruang Guru, Google lassroom, dan lainnya. Namun kenyataannya tidak semua siswa dapat menggunakannya. Apa kendalanya? gadget, pulsa, kuota internet, jaringan seluler, dan sebagainya. Itulah beberapa alasan yang dialamai siswa di seolah yang saya tempati.

Bagaimana cara mengatasinya? Sekolah tetap melaksanakan pembelajaran online dengan menggunakan media WhatsApp. Hampir seluruh siswa memiliki WhatsApp, sehingga memudahkan para guru untuk berbagi materi pembelajaran. Setiap kelas akan dipisah oleh masing-masing Grup WhatsApp. Kemidian guru akan melakukan kegiatan belajar mengajar  sesuai jadwal yang ditentukan. Sebagian besar guru menggunakan teks ataupun gambar materi yang akan disampaikan. Termasuk juga saya.

Biasanya saya menngunakan presentasi dengan format file pdf. Namun ternyata banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran. Terlihat dari keaktifan kelas yang kurang. Hanya sebatas guru memberi materi dan tugas, lalu pembelajaran selesai. Dan akhirnya saya mencoba menggunakan aplikasi Canva. Canva mempunyai banyak fitur desain yang menarik. Mulai dari desain presentasi sampai video pembelajaran. Hal tersebut memudahkan saya dalam membuat bahan pembelajaran. Saya membuat video pendek dengan durasi 30-50 menit. Setelah itu saya mengajukan pertanyaan atau kuis. Kuis yang saya buat juga menggunakan desain Canva agar lebih menarik siswa. Hasilnya dalah siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran dan siswa lebih bisa memahami materi. Terbukti saat sesi kuis, siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Selain untuk pembelajaran, saya juga menggunakan Canva untuk  membuat desain brosur tentang sekolah ataupun informasi yang perlu dipublikasikan oleh sekolah. Canva memudahkan kita untuk berbagi informasi dengan berbagai desain yang disediakan oleh Canva. Saya pun sudah mencoba Canva untuk Guru, dan hasilnya akan lebih banyak fitur yang bisa saya gunakan.

https://www.canva.com/design/DAEv2onlZMY/OmrETzi765E6NcPbY1tRLQ/view?utm_content=DAEv2onlZMY&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=shareyourdesignpanel


Bookmark