Best Practice praktik pembelajaran seni budaya SMK

  Disukai 4
  Dilihat 610
bacaan

sumber ilustrasi : dokumen pribadi
Diterbitkan : 20 Desember 2022 14:38
Sumber : LMS
Penulis : IMAS DEWI PURWATI

Pada kesempatan ini, penulis telah melaksanakan praktik pembelajaran dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya materi Musik Tradisional dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)

Latar belakang pelaksanaan praktik pembelajaran ini yaitu karena beberapa permasalahan yang berkaitan denan rendahnya minat peserta didik terhadap musik tradisional, peserta didik kurang konsentrasi dalam belajar, kurang mandiri dalam mencari informasi terkait materi pembelajaran, dll. 

Setelah dilakukan peninjauan terkait permasalahan-permasalahan tersebut, ditemukan beberapa tantangan selama proses pembelajaran, diantaranya cara mengajar guru yang masih monoton, guru kurang menerapkan media yang berbasif TPACK yang menyebabkan peserta didik terlihat pasif dalam proses pembelajaran.

Kemudian langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu memilih model pemelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran, dan menggunakan media pembelajaran yang berbasis TPACK berupa media audio-visual melalui tampilan PPT, dan pemberian tugas individu melalui scan barcode.

Setelah penulis melakukan praktik pembelajaran, penulis mengamati dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah penulis lakukan. Hal pertama yang dicermati adalah peran aktif peserta didik yang meningkat dalam pembelajaran, peserta didik menjadi lebih aktif dalam memberi komentar, menanggapi video serta diskusi. Hal ini tentunya tidak lepas dari prmilihan media pembelajatan yang penulis terapkan. terlihat dari peserta didik yang awalnya cenderung pasif, hanya diam saat kegiatan pembelajaran, menjadi mau berbicara, menjawab pertanyaan dari guru dengan lebih percaya diri sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar. 

Selain itu pemilihan media pembelajaran yang telah penulis lakukan dipadukan dengan pembelajaran berbasis TPACK berupa PPT dengan gambar menarik disertai audio visual sebagai media pembelajaran dapat merangsang peserta didik untuk aktif saat pembelajaran. Dan terbukti dapat meningkatkan pemahaman peserta didik mampu mengkomunikasikan pemahaman peserta didik terkait materi.

Pemilihan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan daya pikir kritis peserta didik, sehinngga sepanjang proses pembelajaran dapat berpusat pada peserta didik. Faktor keberhasilan pembelajaran yang telah penulis praktikkan ini sangat ditentukan dari perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran berdasarkan penguasaan terhadap media dan bahan ajar serta model dan langkah-langkah kegiatan belajar yang sudah penulis buat dan peseiapkan.


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya