Diterbitkan | : | 24 Desember 2022 17:42 |
Sumber | : | PPG DALJAB KATEGORI 2 |
Penulis | : | NOVIA MUNAFI'AH |
RPP Terkait | : | RPP ASJ DHCP SERVER |
Berikut Link Best Practiest saya upload ke google drive best practiest ini merupakan tagihan dari tugas PPG Dalam Jabatan kategori 2 menggunakan metode star (Situasi, Tantangan, Aksi Refleksi, dan dampak. Dalam best Practise ini diambil melalui sumber LK terdahulu sehingga dapat memudahkan dalam penyusunan best practices mengambil praktik yg paling baik saat pembelajaran dan disini saya menggunakan practise problem based learning dan bisa juga untuk PBL. dengan pendekatan diskusi kelompok . situasi menggambarkan kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan apa yang menjadi peran dan tanggung jawab . Tantangan apasaja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut. dan siapa saja yang terlibat dalam tantangan tersebut. Aksi langkah langkah apa saja yang dilakukan dalam melakukan proses tersebut disini saya menggunakan sintak problem based learning fase 1 orientasi peserta didik pada masalah fase 2 mengorganisasi peserta didik fase 3 membimbing penyelidikan individu dan kelompok fase 4 menyajikan Hasil Fase 5 menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. kemudian pada aksi ini menjelaskan bagaimna proses nya siapa saja yang terlibat apa saja materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini. disini saya menggunakan alat dan bahan ala berupa seperangkat PC, kabel utp, dan router sedangkan bahan menggunakan winbox, microsoft visio, presentasi menggunakan canva agar dapat di sajikan secara online atau dalam jaringan. Refleksi hasil dan dampak menurut hasil wawancara waka kurikulum dan pakar pendidikan model PBL mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik apalagi dengan menggunakan metode diskusi kelompok kemudian peserta didik dapat terlibat aktif sehingga refleksi dari pemilihan model Problem based learning sangat efektif dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar di kelas membuat guru menjadi inovatif dalam meningkatkan kreatifitas nya. Respon seseorang terhadap pelaksanaan model Problem based learning sangat lah bagus karena sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam meningkat kan kemampuan berfikir kritis. Yang menjadi faktor keberhasilan guru harus mampu menguasai materi, media pembelajaran dan strategi pembelajaran
Berikut File Best Practices
https://drive.google.com/file/d/1SloKeckf7cymlcs_aTCXj-cDgiAfPuPl/view?usp=sharing