EKSPERIMEN MEMBUAT SUSU PELANGI

  Disukai 26
  Dilihat 2148
refleksi

sumber ilustrasi : https://images.app.goo.gl/MuUXjYjZzh4yBPbk9
Diterbitkan : 30 Mei 2022 10:43
Sumber : Jurnal Kemampuan Sains Anak Usia Dini
Penulis : NENENG SUSIYANI ASSA
RPP Terkait : EKSPERIMEN MEMBUAT SUSU PELANGI

Pengenalan sains untuk peserta didik TK lebih ditekankan daripada produk (fakta, konsep, teori, prinsip, dan hukum), kegiatan sains memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda, baik benda hidup maupun benda tak hidup yang ada disekitarnya. Sebagai proses, sains mencakup kegiatan menelusuri, mengamati dan melakukan percobaan. Kegiatan bermain sains sangat penting diberikan untuk anak usia dini karena multi manfaat, yakni dapat mengembangkan kemampuan: eksplorasi dan investigasi, yaitu kegiatan untuk mengamati dan menyelediki objek serta fenomena alam, mengembangkan keterampilan proses sains dasar, seperti melakukan pengamatan, mengukur, mengkomunikasikan hasil pengamatan dan sebagainya, mengembangkan rasa ingin tahu, rasa senang dan mau melakukan kegiatan inkuir atau penemuan, memahami pengetahuan tentang berbagai benda baik ciri, struktur maupun fungsinya.

Eksperimen susu pelangi adalah suatu proses pencampuran warna yang terjadi karena adanya zat bipolar yang memisahkan antara protein dan lemak, eksperimen yang dilakukan di TK Alam Aisyiyah kelompok B ini dengan tujuan agar anak-anak : 1. Memiliki pengalaman dalam hal berekperimen; 2. Pengalaman belajar yang menyenangkan; 3. Anak-anak mengetahui proses pencampuran warna yang diakibatkan oleh suatu zat tertentu; 4. Anak-anak menjadi tahu bahwa warna yang tercampur disebabkan karena susu memiliki kandungan protein dan lemak yang ketika diberi cairan detergen, maka detergen tersebut akan memecahkan protein dan lemak pada susu tersebut sehingga warna pada permukaan susu terlihat bergerak dan bercampur menyerupai warna pelangi.

Pembelajaran sains membuat susu pelangi ini menggugah rasa ingin tau anak juga memberikan pengalaman berharga bagi mereka tentang proses pencampuran warna dan mereka sangat berantusias untuk bisa melakukannya sendiri sehingga kegiatan belajar di Taman Kanak-Kanak Alam Aisyiyah lebih menyenangkan selain itu juga anak-anak diajarkan untuk dapat lebih mengendalikan/mengontrol emosinya, karena tentunya dalam pembelajaran sains ini diperlukan suatu ketelitian dan kehati-hatian. Untuk melakukan eksperimen susu pelangi ini dibutuhkan bahan-bahan seperti : susu UHT putih, cairan detergen/cairan pencuci piring, pewarna makanan (merah, kuning, hijau dan biru), cotton bud, piring/pisin putih.

 


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya