KESERUAN PENGGUNAAN GOOGLE JAMBOARD PADA PEMBELAJARAN DARING IRISAN DUA HIMPUNAN SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PJJ

  Disukai 1
  Dilihat 297
refleksi

sumber ilustrasi : Astri Nurkesumawati
Diterbitkan : 7 Juni 2022 07:01
Sumber : Astri Nurkesumawati
Penulis : ASTRI NURKESUMAWATI
RPP Terkait : RPP IRISAN DUA HIMPUNAN KELAS 7 SMP BENTUK DARING

Masa pandemi COVID-19 telah merubah semua tatanan kehidupan manusia di seluruh muka bumi ini, termasuk di Indonesia. Dampak yang sangat besar dirasakan di dunia Pendidikan. Tidak hanya di Indonesia, semua orang tua merasa khawatir akan keberlangsungan pendidikan anaknya. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemendikbud mengeluarkan kebijakan layanan Pendidikan kepada peserta didik melalui penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (BDR). Berbagai alternatif solusi ditawarkan oleh Pemerintah untuk mengatasi Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi agar seluruh peserta didik dapat terus belajar, berkarya dan menimba ilmu tanpa henti walaupun dalam kondisi darurat pandemi ini.

Berbagai aktivitas dilakukan secara daring (online), termasuk kegiatan belajar dan mengajar. Guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan pengajrand an pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Pemilihan tools media pembelajaran yang tepat dan cocok dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang  menarik bagi peserta didik.

Mau tidak mau Guru harus mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pengajarannya. seiring dengan adanya penyebaran COVID-19 ini, hal positif yang dapat kita ambil hikmahnya yaitu adanya peningkatan keterampilan Guru maupun peserta didik dalam pemanfaatan teknologi. Teknologi dapat membantu kita mengajar dengan membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan lebih mudah diakses oleh peserta didik.

Media  Jamboard dan meet merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Google for Education yang terintegrasi dengan cloud, yang akan membantu mengajar siswa yang berada di kelas atau belajar dari Rumah. Google Jamboard sebagai alat atau media untuk menjelaskan pelajaran atau menghimpun ide-ide peserta didik tentang suatu materi. Layaknya sebuah papan tulis, jamboard bisa digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran, dengan menulis langsung atau memakai sticky note, menambahkan gambar ataupun informasi lainnya. Di Sekolah, Guru menggunakan whiteboard, secara online Guru bisa menggunakan Google meet dan Google Jamboard ini sebagai papan tulis virtual secara bersamaan.  Google meet dan Google Jamboard digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada pengajaran matematika di sekolah kami.

Pemanfaatan media Jamboard sangat mendukung Guru dalam melakukan pengajaran dan pembelajaran siswa terutama di kelas VII. Pada pembelajaran Irisan Dua Himpunan, Guru menyajikan permasalahan kontekstual yang terdapat pada LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) melalui share screen slide power point pada meet, peserta didik dapat mengembangkan dan meyajikan hasil karya secara langsung melalui papan tulis virtual kolaboratif ini, baik secara individu maupun secara kelompok pada waktu yang bersamaan dengan menggunakan beberapa frame sesuai kebutuhan. Peserta didik sangat antusias dalam menggunakan Jamboard, guru dan peserta didik dapat bersama-sama membuat peta konsep tentang Irisan Dua Himpunan melalui gambar, teks, ataupun sticky note. Guru juga dapat menjelaskan permasalahan matematika dengan menggambar di layar untuk menjukkan langkah-langkah pemecahan permasalahan tersebut secara langsung, sehingga tingkat pemahaman peserta didik  pada materi Irisan dua Himpunan ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas peserta didik baik berupa sikap maupun keterampilan. Tak hanya itu, penilaian pengetahuan pun mengalami peningkatan, dilihat dari hasil belajar tes formatif peserta didik pada materi Irisan Dua Himpunan.

Perlu diingat bahwa, tujuan penggunaan teknologi adalah untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Teknologi sebagai alat untuk mencapainya. Sebagai seorang Guru, sudah seharusnya bersikap profesional dapat mengintegrasikan kecanggihan teknologi dalam pembelajaran, sebagai bekal peseta didik untuk memiliki keterampilan abad ke-21, melalui pengalaman-pengalaman belajar yang kreatif dan inovatif, salah satunya dengan penggunaan Google Meet dan Jamboard. 


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya