Kesulitan dalam Pembelajaran Daring

  Disukai 1
  Dilihat 691
refleksi

sumber ilustrasi : https://www.instagram.com/p/B-wC7vVg0qE/?igshid=1t
Diterbitkan : 2 Desember 2020 11:17
Sumber : Winata Atmaja
Penulis : Winata Atmaja
RPP Terkait : RPP Identify Parts of Invitation Card
Jenjang : SD/MI/Paket A
Kelas : 3
Mapel : Bahasa Inggris

Ketika sistem belajar daring atau online mulai diterapkan pada saat pandemi ini, beberapa permasalahan pun bermunculan. Hal tersebut tidak lain dipicu oleh ketidak-familiaran kedua pihak, baik pengajar maupun peserta didik akan sistem belajar tersebut. Namun yang paling menjadi sorotan dalam hal ini adalah ketidaksiapan pengajar, fasilitas yang kurang mendukung dan kesenjangan digital yang jika tidak ditangani dengan baik akan memicu kegagalan proses belajar mengajar secara online.

Selama ini para pengajar sudah memiliki kesiapan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam kelas; setidaknya sebagian besar dari mereka. Ketika dihadapkan dengan opsi sistem pembelajaran seperti belajar online, para pengajar pun mendadak menemui jalan buntu. Minimnya pengalaman dalam hal ini lah yang menjadi penyebanya. Pertanyaan-pertanyaan pun bermunculan, seperti: jenis RPP yang seperti apa yang harus dipersiapkan, bagaimana saya akan melaksanakan pembelajaran dengan sistim baru ini dan dengn RPP ini, dan apakah kegiatan pembelajaran akan berjalan seperti yang telah direncanankan. Pertanyaan-pertanyaan ini pun sedikit banyak masih mempengaruhi kinerja saya dalam kegiatan belajar online berdasarkan RPP yang saya bagikan ini. Semua kegiatan tidak berjalan sepenuhnya seperti yang saya rencanakan. Saya pun merasa khawatir kekurangan ini akan mempengaruhi pemahaman siswa tentang materi yang saya berikan yaitu mengenai Invitation Card walaupun pada akhirnya ketakutan saya pun tidak terjawab. Hasil pembelajaran ini memperlihatkan bahwa materi tersampaikan dengan cukup baik dan para siswa memahami dengan baik materi yang saya berikan.

Dalam pembelajaran online ini, saya memfasilitasi diri saya dengan sebuah laptop seadanya. Saya hanya memiliki sebuah laptop dengan kamera yang buram, speaker yang tidak begitu jelas, mikrofon built-in yang tidak begitu sensitif serta kinerja mesin laptop yang cukup lambat. Tentu saja hal tersebut sangat mempengaruhi proses belajar mengajar. Pengulangan-pengulangan pun harus selalu dilakukan ketika melontarkan pertanyaan atau memberikan penjelasan. Begitupun sebaliknya, para siswa seringkali harus menjawab atau bertanya lebih dari sekali karna saya tidak dapat mendengar perkataan mereka dengan jelas. Walaupun pada akhirnya kelas tetap berjalan, hal ini sangat mempengaruhi mood serta antusias belajar yang juga memberikan kekhawatiran akan buruknya pencapain para siswa pada setiap pertemuan. Buruknya fasilitas ini pun dirasakan oleh beberapa siswa saya dan menjadi keluhan tersendiri yang terkadang terdengar ketika proses belajar berlangsung.

Selain kedua masalah tersebut di atas, yang juga menjadi permasalahan dalam belajar online adalah kesenjangan digital. Tidak semua orang tua siswa memiliki pengetahuan tentang teknologi yang sama. Hal ini tergambar pada beragam nya permasalahan mengenai teksnis pelaksanaan belajar online. Sebagian orang tua siswa mengeluhkan sistem belajar ini karna mereka merasa sangat asing dengan teknologi bahkan setelah mendengar penjelasan yang terperinci tentang cara menggunakan dan menjalankan aplikasi tertentu. Saya pun masih menemui kendala ini hingga pembelajaran yang kesekian kalinya. Lagi-lagi, kegiatan belajar pun terganggu. Ada beberapa siswa yang terlambat mengikuti kelas karna hal tersebut. Beberapa siswa mengalami kendala saat kelas berlangsung. Beruntungnya untuk beberapa materi seperti pembelajaran Invitational Card ini merupakan materi yang cukup mudah dipahami. Tujuan belajar pun masih bisa diraih diakhir pembelajaran.

Kesiapan, fasilitas dan pengetahuan akan teknologi menjadi hal yang sangat menentukan dalam proses belajar online. Jika ketiga hal tersebut telah dicapai, maka, dengan perencanaan yang baik sesuai dengan RPP yang dibuat, kelas pun dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Namun, apapun kendala yang dihadapi saat kelas berlangsung, proses belajar harus tetap berjalan dan tetap memiliki proses yang bermakna demi tetap berjalannya pembelajaran.


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya