Mei 2020: Menjawab Tantangan Pandemi dengan Augmented Reality (Nominasi Penghargaan Guru Inovatif Indonesia) – SMP Al Azhar Syifa Budi Solo

  Disukai 4
  Dilihat 189
bacaan

sumber ilustrasi : Dokumen Pribadi
Diterbitkan : 22 Desember 2021 04:58
Sumber : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/8525/5566
Penulis : ERNA WIDYASARI

Mei 2020: Menjawab Tantangan Pandemi dengan Augmented Reality

Tahun 2020 di Indonesia terjadi perubahan tatanan pendidikan karena wabah Covid-19. Pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi daring. Awalnya siswa merasa senang belajar daring. Namun lama kelamaan siswa mengalami kejenuhan karena pembelajaran yang monoton. Hal itu dibuktikan dengan semakin berkurangnya siswa yang hadir dalam GMeet pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu inovasi untuk mengatasi hal tersebut dengan menciptakan pembelajaran dengan Augmented Reality

Tujuan pembelajaran tersebut adalah agar siswa memahami materi tata surya dengan baik dan semakin tertarik dengan pembelajaran daring serta mengatasi kejenuhan yang ada. Pembelajaran ini berlangsung di bulan Mei 2020 dimana Indonesia mengalami pandemi dengan angka Covid 19 yang tinggi. Pembelajaran tatap muka ditiadakan menjadi daring dan luring terbatas untuk beberapa sekolah di Indonesia. Pembelajaran AR merupakan metode yang baru untuk siswa di SMP Al Azhar Syifa Budi Solo. Oleh karena itu, awalnya siswa merasa sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran ini. Pada awalnya beberapa siswa masih bertanya tentang aplikasi tersebut. Namun, lama kelamanaan mereka terbiasa dengan aplikasi yang ada. 

Augmented reality dibuat melalui zap works dan dibuka melalui aplikasi zappar yang diunduh dari playstore. Pemberitahuan tentang pembelajaran ini dimulai dengan mengirim pesan pada WA grup siswa untuk membuka GSlides melalui akun GSuite masing-masing. Petunjuk pemasangan aplikasi Zappar telah tertulis di GSlides dan siswa mengikuti petunjuk tersebut. Setelah siswa melihat video yang ada, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan angket yang ada. Reaksi siswa beragam terhadap inovasi mengajar yang saya lakukan. Hal tersebut dibuktikan dari pernyataan yang diisi oleh siswa pada angket yang tersedia. 

“Suka karena dengan pembelajaran secara AR menjadi lebih seru, menyenangkan, dan mudah dipahami” (Naura R.Y.)

“Saya suka karena lebih jelas untuk dipahami dan mencoba hal baru dalam belajar online” (Kinar).

“Saya suka pembelajaran dengan AR karena menjadi lebih mengasyikkan dan saya lebih paham karena ada gambar/videonya” (Melinda R.S).

“Suka karena asyik dan bisa melihat gambar secara bergerak” (M.Dennis).

“Suka karena tidak membuat bosan” (Nafisa N.H.).

“Suka karena keren sekali” (Rava A.R.).

Link Canva:

https://www.canva.com/design/DAExreIUwO0/wQPgChCIQyzV0MJYppE2Qw/view?utm_content=DAExreIUwO0&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=publishsharelink


Bookmark