Menggunakan Annotations Tool Pada Media Pembelajaran Adjectives Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

  Disukai 2
  Dilihat 155
tips

sumber ilustrasi : https://annotate.net/
Diterbitkan : 14 November 2021 09:27
Sumber : google.com
Penulis : Arip Wicaksono

Di era pandemi seperti sekarang, sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Salah satu hal yang agak merisaukan para pendidik adalah sulitnya menemukan tools yang cocok untuk menulis selayaknya di papan tulis. Kita dihadapkan kepada power point slides yang tidak menyediakan tools tersebut di dalam presentasi mereka, padahal kita sebagai pendidik merindukan menulis selayaknya ada di papan tulis, menandai bagian yang penting saat presentasi, maupun memberikan keterangan pada halaman website yang akan akan ditampilkan kepada peserta didik. Berangkat dari kerisauan para pendidik, terdapat satu buah chrome extension yang bernama Annotate.

Tools ini dapat diunduh secara cuma-cuma di Chrome Web Store yang terdapat di perambahan Google Chrome pada komputer bebasis windows maupun MacOS. Kita tidak perlu membayar jika ingin menggunakan fiturnya, namun untuk beberapa fitur seperti screen casting (seperti team viewer), collaboration (seperti google jamboard), maupun penyimpanan yang lebih banyak kita diwajibkan membayar sejumlah dana. Namun, penggunaan tersebut dirasa tidak terlalu dibutuhkan sehingga kita dapat menggunakan versi gratis dari aplikasi tersebut.

Seperti bisa dilihat pada gambar diata merupakan contoh penggunaan Annotate pada Power Poin Presentation. Ada beberapa trik agar bapak/ibu pendidik dapat menggunakan Annotate pada komputer/laptop masing-masing:

  1. Upload dokumen Power Point ke dalam google drive.
  2. Buka menggunakan Google Slides.
  3. Buka aplikasi Annotate pada Google Chrome Extension bar. Letaknya ada di sebelah kanan dibawah tombol exit, maximize dan minimize. (Seperti menggunakan/membuka Google Chrome Extension lainnya).
  4. Lalu Annotate siap digunakan.

Kekurangan lainnya dalam menggunakan aplikasi ini adalah, untuk yang versi gratis hanya disediakan satu warna yaitu hitam, dan satu highlighter yaitu kuning. namun kembali lagi kepada kebutuhan bapak/ibu sekalian. Jika dirasa cukup maka versi free ini dapat digunakan.

Jika bapak/ibu kesulitan dalam pengunduhan Google Chrome Extension Annotate, bapak/ibu dapat membaca di artikel saya berikutnya, atau dapat mengirimkan email ke: aripwicaksono09@gmail.com. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran Ibu Bapak – Terima kasih.


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya