Pembelajaran Yang Asyik dan Menyenangkan

  Disukai 1
  Dilihat 591
tips

sumber ilustrasi : editing via canva
Diterbitkan : 10 Desember 2020 20:18
Sumber : Rusnilawarni_SMAN 16 Bone
Penulis : RUSNILAWARNI

PEMBELAJARAN YANG ASYIK DAN MENYENANGKAN

 

Latar belakang :

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama tidak memperhatikan karateristik anak. Pembelajaran dilakukan menggunakan metode yang guru anggap baik tanpa mendeteksi terlebih dahulu karateristik anak didik. Proses pembelajaran juga dilakukan secara monoton yang membuat siswa bosan dan jenuh untuk belajar, apalagi muatan materi kimia yang dirasa sulit bagi siswa. Berdasarkan hal tersebut dirasa perlu untuk melakukan metamorposis dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas. Dimulai dengan mendeteksi gaya belajar sampai minat belajar anak didik, serta memberikan kegiatan pembelajaran yang asyik dan meyenangkan bagi anak didik. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata dalam menerapkan pemikiran KHD. Menerapkan metode pembelajaran yang asyik, menyenangkan dan mengasah kreatifitas siswa merupakan salah satu usaha untuk menciptakan generasi yang memiliki profil Pancasila. Perkembangan zaman yang terus bergerak maju menantang guru untuk terus berinovasi dalam menghadirkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Hasil Aksi Nyata

         Adapun kegiatan aksi nyata yang saya lakukan untuk menciptakan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan bagi murid saya adalah memberikan kegiatan pembelajaran yang menantang kreatifitas siswa yaitu dengan membuat poster. Selama ini tugas yang sering diberikan ke siswa hanya berupa menjawab soal saja. Sebelum memulai model pembelajaran ini, saya terlebih dahulu mengajukan beberapa pertanyaan kepada murid saya terkait model pembelajaran apa yang mereka senangi. Sesuai dengan permintaan beberapa siswa yang ingin diberikan tugas yang tidak sulit dan banyak. Akhirnya Saya menawarkan tugas yang sesuai dengan rencana Aksi Nyata saya yaitu memberikan tugas yang kreatif, simple tetapi dapat membuat siswa memahami materi yang dipelajari. Siswa setuju dengan tugas membuat poster yang diberikan. Agar siswa lebih tertarik lagi saya meminta hasil karya poster yang dibuat di posting ke sosial media mereka.

         Mengapa harus di posting ke sosial media ? Nah, kita ketahui bersama bahwa hampir semua orang saat ini senang ber sosial media. Sosial media jika dimanfaatkan dengan baik tentunya akan memberikan dampak yang baik. Setiap siswa diberi kebebasan untuk membuat poster sesuai kreatifitas mereka masing-masing, guru hanya mengarahkan point-point apa yang harus ada dalam poster yang mereka buat. Tahap selanjutnya guru mendisikusikan dengan siswa berapa lama waktu pengerjaan tugas agar siswa tetap merasa nyaman tetapi harus tetap terbangun jiwa disiplin dalam diri siswa. Waktu yang disepakati untuk menyelesaikan tugas adalah 1 pekan, tetapi siswa yang ingin mengupload ke sosmed mereka lebih awal tetap diperbolehkan.

         Setiap metode pembelajaran yang dilakukan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Dalam menerapkan metode pembelajaran ini siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan bersemangat untuk mengerjakan tugas. Hal ini karena bentuk tugas yang berbeda dari biasanya serta siswa dapat menggunakan sosial media dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran ini juga melatih kreatif siswa untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka serta sekaligus melatih kemampuan mereka dalam berbagi hal baik melalui sosial media.

Selain dengan pemberian tugas, untuk menciptakan suasana pembelajaran asyik dan menyenangkan bagi murid saya adalah menggunakan komunikasi yang lebih efektif kepada siswa, tidak bertele-tele, menggunakan gaya bahasa yang lebih santai namun tetap beretika. Dalam berkomunikasi dengan siswa saya terkadang menggunakan bahasa kekinian yang digunakan siswa sehingga siswa merasa tidak canggung.

Namun, kekurangan dari metode pembelajaran ini adalah keterbatasan perangkat yang dimiliki oleh siswa serta ada beberapa siswa yang tidak memiliki sosial media, serta ada peluang siswa mengambil karya dari google.

Rencana Perbaikan Kegiatan

         Berdasarkan kekurangan yang dihadapi pada pelaksaan metode pembelajaran ini saya anggap perlu melakukan beberapa perbaikan. Pada kegiatan pembelajaran berikutnya guru meminta tahapan rencana dalam pembuatan tugas hal ini untuk membiasakan siswa untuk membuat sendiri karya. Pemberian umpan balik yang lebih aktif lagi pada postingan tugas siswa. Kedepannya juga penting untuk berkolaborasi dengan rekan guru lain untuk meminta tanggapan mengenai kegiatan yang akan dilakukan serta meminta saran agar semakin baik lagi. Selain itu saya juga harus lebih aktif berdiskusi dengan siswa mengenai kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran dan saat mengerjakan tugas.


Bookmark

Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya